Kisah dimulai saat rapat … plotting dosen

Laboratorium Kimia Analisis Organik menjadi tempat pertamaku menjadi asisten praktikum di Akademi Kimia Analisis Bogor.

Seminggu sebelum praktikum dimulai, ada rapat (pertemuan) pembagian tugas asistensi. Saya mendapat tugas sebagai salah seorang penanggung jawab materi Isolasi Kafein dari Kopi. Selama pertemuan ini, bayangan2 praktikum kimia organik saat saya masih menjadi mahasiswa, melintas kembali. Saya tak pernah menyangka bahwa saya akan berurusan kembali dengan materi ini, apalagi sebagai seorang asisten praktikum. Untungnya, materi yang harus saya pegang adalah modul ke lima. Masih ada waktu untuk persiapan.

Catatan Hari Pertama

Hari pertama masuk lab, sedikit nervous. Sepanjang hari saya hanya mendampingi penanggung jawab materi. Mengamati dan memperhatikan, untuk mempelajari apa saja yang harus disampaikan dalam pengarahan, dan bagaimana memberikan pengarahan pada mahasiswa sebelum praktikum. Tidak lupa saya berkonsultasi dengan dosen senior, yang bertanggung jawab di materi yang sama dengan saya. Banyak pelajaran yang saya ambil hari itu. Saat pembahasan bersama, setelah praktikum selesai, terjadi diskusi untuk mengatasi kendala praktikum, terutama permasalahan teknis. Kembali ingatan saya melayang2 pada praktikum yang saya alami sendiri sebagai seorang mahasiswa. Saya memberanikan diri mengungkapkan ide2, berdasarkan apa yang saya dapatkan dulu saat mahasiswa, yang menurut saya dapat sedikit membantu pelaksanaan praktikum ini. Dan ternyata bisa diterapkan (jadi GR ^_*). Terima kasih pada dosen2 dan asisten2 yang telah banyak memberi pelajaran saat saya mahasiswa. Tanpa disadari, pelajaran dan pengalaman itu sangat membantu saya beradaptasi dengan dunia kerja sekarang.

(to be continued)